728 x 90

RSUP Dr. M. Djamil Padang Membuka Layanan Terapi Sensori Integrasi dan Snoezelen

RSUP Dr. M. Djamil Padang Membuka Layanan Terapi Sensori Integrasi dan Snoezelen
RSUP Dr. M. Djamil Padang Membuka Layanan Terapi Sensori Integrasi dan Snoezelen

     Humas, RSMDJ --- Dalam rangka memberikan Service Excelent dan peningkatan pelayanan kesehatan, kini di RSUP Dr. M. Djamil Padang sudah tersedia ruang Terapi Sensori Integrasi & Snoezelen di Intalasi Rehabilitasi Medik. Penggunaan ruangan terapi tersebut dibuka secara resmi oleh Direktur Medik dan Keperawatan, dr. Rose Dinda Martini, SpPD, K-GER, FINASIM, Rabu (5/2). Terapi Sensori Integrasi (“SI”) sebagai salah satu bentuk Terapi Okupasi dan Treatment pada anak berkebutuhan khusus yang juga seringkali digunakan sebagai cara untuk melakukan upaya perbaikan, baik untuk perbaikan gangguan perkembangan, tumbuh kembang, gangguan belajar, gangguan interaksi sosial, maupun perilaku lainnya. Sensori Integrasi merupakan suatu proses mengenal, mengubah, membedakan sensasi dari sistem sensori untuk menghasilkan suatu respon berupa “Perilaku Adaptif Bertujuan”.

     Sedangkan Terapi Snoezelen adalah suatu aktifitas yang dirancang untuk mempengaruhi Sistem Saraf Pusat melalui pemberian stimulus yang cukup pada sistem sensori primer dan sensori sekunder. Stimuli primer atau reseptor sensori eksternal yaitu visual (penglihatan), auditori (pendengaran), olfactori (penciuman), gustatori (perasa/pengecapan), tactile (peraba). Stimuli sekunder atau reseptor sensori internal yaitu vestibular (keseimbangan) dan proprioseptif (kesadaran diri akan lingkungan sekitar atau kesadaran orientasi spasial) “Kehadiran ruangan ini untuk melatih sensorik anak,” sebut dr. Riri Prima Yolanda, SpKFR selaku dokter rehab medik RSUP Dr. M. Djamil Padang. Ia menyebut terdapat tiga terapis yang akan memberikan pendampingan di ruang terapi sensori Integrasi & Snoezelen tersebut. “Semoga bagi orangtua yang membutuhkan terapi bagi anaknya dapat mengejar tumbuh kembangnya, lebih aktif di lingkungan dan mampu mengatur diri sendiri,” ujarnya.

     Sementara itu, Direktur Medik dan Keperawatan, dr. Rose Dinda Martini, SpPD, K-GER, FINASIM yang meninjau langsung ruangan terapi dan meresmikan kehadiran ruang terapi tersebut mengatakan bahwa kehadiran ruang terapi itu sebagai bentuk peningkatan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit rujukan untuk Sumatera Bagian Tengah itu. “Tentu orangtua yang membutuhkan pendampingan dan terapis bagi buah hatinya, kita sudah menghadirkan ruang terapi ini  sebagai bentuk service excelent kita dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan yang terpadu dan lengkap di RSUP Dr. M. Djamil ini,” tuturnya sembari menyebut kondisi ruangan yang sangat memadai dan juga menjadikan bagian layananan kesehatan unggulan di RSUP Dr. M. Djamil Padang.

     Sementara itu, salah seorang orangtua yang anaknya mengalami gangguan tumbuh kembang, merasakan bahagia dengan hadirnya ruang terapi tersebut. Pasalnya, di RSUP Dr. M. Djamil-lah ia mendapatkan dorongan dan semangat untuk tetap optimis terhadap kondisi anaknya yang membutuhkan perhatian khusus. ”Saya sangat bahagia, banyak dokter lain yang membuat saya patah semangat, namun ketika disini justru saya mendapatkan semangat dan suport untuk terapi anak saya, para terapis mengayomi anak saya dengan sangat baik, sehingga anak saya merasa di sini sudah seperti rumahnya dan sudah sangat mengenal para terapis yang ada,” tutur Rini dengan mata yang berkaca-kaca.

     Sejak satu tahun terahir semenjak usia anaknya  memasuki 6 tahun, banyak perubahan kondisi terhadap buah hati Rini. Ia bersyukur bertemu dengan orang hebat di RSUP Dr. M. Djamil Padang. ”Saya bersyukur menemukan orang hebat di sini (RSUP-red), semoga ke depannya akan semakin lebih baik lagi dan tentunya anak saya dapat normal dan bergabung dengan anak seusianya,” harap Rini. (Humas/Vz)

Admin
Admin
EDITOR

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked with *


0 Komentar

?>