728 x 90

RSUP. DR. M. DJAMIL PADANG KEMBALI LAKUKAN TRANSPLANTASI GINJAL

RSUP. DR. M. DJAMIL PADANG KEMBALI LAKUKAN TRANSPLANTASI GINJAL
RSUP. DR. M. DJAMIL PADANG KEMBALI LAKUKAN TRANSPLANTASI GINJAL

              Padang, rsdjamil- ‘’Kasih sayang ibu sepanjang masa’’, seperti itulah pribahasa yang cocok untuk pasangan ibu, SY (53) dan anak, MHS (40) yang melakukan transplantasi ginjal atau cangkok ginjal di RSUP. DR. M. Djamil Padang, (09/10). MHS adalah pasien RSUP. M. Djamil padang yang mengalami gagal ginjal semenjak tiga tahun terakhir. Oleh sebab itu, tanpa rasa khawatir sedikit pun, SY rela berkorban untuk mendonorkan ginjalnya kepada anaknya, berharap demi kesembuhan si anak sulungnya itu. ‘’Ini kemauan istri saya, kami mendukung penuh. Apalagi, di RSUP ini juga pernah menjalani operasi yang sama’’, ucap AH Simanjuntak, suami SY.

          Proses cangkok ginjal kali ini adalah operasi yang kedua kalinya dilakukan di RSUP. Dr. M. DJamil Padang setelah yang pertama pada tahun 2015 lalu. Pada 2015, pencangkokan terjadi antara istri ke suami, sedangkan untuk yang kedua ini proses cangkok ginjal dilakukan antara ibu ke anak. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Tim Transplantasi RSUP. DR. M. Djamil, Syaiful Asmi, (06/10).

         Transplantasi ginjal merupakan pengobatan yang sangat rasional terhadap pasien gagal ginjal. Di dalam operasi tersebut, dibutuhkan seorang pendonor yang dengan rela mau mendonorkan ginjalnya yang masih sehat kepada si penerima donor. Meskipun ginjal si pendonor telah didonorkan ke si penerima donor, pendonor tetap akan dipastikan hidup dengan sehat. Dengan demikian, pihak rumah sakit juga mengharapkan kepada masyarakat untuk tidak perlu takut melakukan proses transplantasi ini. Memang, RSUP. DR. M. Djamil telah melakukan dua kali operasi transplantasi ginjal. Namun, dalam operasi kali ini pihak M. Djamil masih didampingi oleh Tim RSCM Jakarta seperti operasi sebelumnya, demi keberhasilan transplantasi ginjal pasien MHS, seperti yang diharapkan. Dengan kerja sama yang baik antara Tim RSUP dengan Tim RSCM, operasi transplantasi ginjal antara ibu dan anak ini berhasil dilakukan dengan baik. Operasi ini dilakukan dari pukul 08.10 sampai dengan pukul 13.30 WIB. "Tingkat keberhasilan operasi yang dilakukan tim transplantasi ginjal merupakan puncak dari keberhasilan tim medis dalam memberikan pelayanan pada masyarakat. Tim ini sangat memerhatikan ketelitian kerja, ketepatan waktu, dan komunikasi yang baik antara petugas dengan pasien’’, Direktur Utama RSUP. M. Djamil, Yusirwan Yusuf. (Humas)

Admin
Admin
EDITOR

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked with *


0 Komentar

?>