728 x 90

RSUP DR. M. DJAMIL PADANG BERHASIL LAKUKAN OPERASI BEDAH JANTUNG TERBUKA

RSUP DR. M. DJAMIL PADANG BERHASIL LAKUKAN OPERASI BEDAH JANTUNG TERBUKA
RSUP DR. M. DJAMIL PADANG BERHASIL LAKUKAN OPERASI BEDAH JANTUNG TERBUKA

   Padang, Rs.Djamil - Sabtu, 24 Nopember 2018 lalu, RSUP Dr. M. Djamil Padang telah berhasil melakukan operasi bedah jantung terbuka. Tindakan ini merupakan langkah maju dalam pelayanan jantung di Sumatra Barat. Sebenarnya, RSUP Dr. M. Djamil merupakan rumah sakit pertama di luar Pulau Jawa yang diberi kesempatan melakukan bedah jantung terbuka. Namun, tindakan ini terhenti sejak tahun 2006 yang lalu oleh berbagai sebab. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Ketua Tim Operasi Bedah Jantung Terbuka RSUP Djamil, dr. Muhammad Riendra, Sp.B., TKV., saat Konferensi Pers, Jumat (30/11), di Ruang Rapat Direksi.‘‘Memang, untuk memulai kembali tindakan ini cukup berat. Di samping sarana prasarana yang masih kurang seperti ketiadaan mesin jantung paru (Heart Lung Mechine = HLM), juga ketersediaan sumber daya manusia dan team work bedah jantung itu sendiri. Pelayanan yang sempat terhenti pun juga menjadi kendala dalam tindakan ini,’’ tambah Direktur Utama RSUP Djamil, Dr. dr. Yusirwan, Sp.B., Sp.BA (K), MARS.

     Namun demikian, dengan kesabaran dan kegigihan, akhirnya kendala-kendala itu bisa dicarikan jalan keluarnya. Saat ini, RSUP Djamil sudah memiliki mesin jantung paru (HLM) yang baru, dilengkapi peralatan instrument bedah jantung dewasa dan juga anak-anak, sehingga tindakan operasi bedah jantung terbuka ini dapat dilakukan dengan baik dan lancar pula. Kemudian, menurut Dirut RSUP Djamil, tindakan ini juga bisa terlaksana karena telah didukung oleh SDM yang berkompeten di RSUP Djamil sendiri. Dalam pelaksanaannya, RS Jantung Harapan Kita juga turut berpartisipasi sebagai pendamping dalam memberikan contoh team work dengan baik. ‘‘Tindakan operasi jantung terbuka tersebut dapat dikatakan berhasil 100% karena kedua pasien dioperasi dengan lancar dan kurang dari seminggu telah dapat dirawat jalan. Kedua pasien tersebut, yakni AS (15) dan RUA (15),’’ ungkap dr. Riendra dengan semangat.

     Dengan peralatan-peralatan yang telah ada ini, ke depan, di RS Dr. M. Djamil dapat dilakukan operasi CABG (Coronary Artery Bypass Graft) pada penderita jantung coroner, Perbaikan dan penggantian katup-katup jantung seperti mitral dan aorta, Trauma tembus jantung, Penutupan defek pada penyakit jantung bawaan, baik itu Atrial Septal Defek (ASD), Ventrikel Septal Defek (VSD), dan Tetralogy of Fallot (TOF).

     Dirut, jajaran direksi, dan Staf terkait berharap, semoga kasus-kasus penyakit jantung yang ada, dapat ditangani di RS Dr. M. Djamil dan tidak perlu lagi di rujuk ke Jakarta atau tempat lainnya. Hal ini akan sangat membantu masyarakat terutama yang tidak mampu, dengan mendekatkan pelayanan bedah jantung kepada mereka, sehingga akses lebih mudah dan murah. (Humas)

Admin
Admin
EDITOR

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked with *


0 Komentar

?>