728 x 90

Penutupan Acara Workshop Manajemen Data di RSUP Dr.M.Djamil Padang

Penutupan Acara Workshop Manajemen Data di RSUP Dr.M.Djamil Padang
Penutupan Acara Workshop Manajemen Data di RSUP Dr.M.Djamil Padang

      Humas,RSMDJ --- Kegiatan Workshop Menajemen Data yang digelar RSUP Dr. M. Djamil Padang sejak Senin (10/2) dan Selasa (11/2) di Auditorium Lantai IV Gedung Adminstrasi dan Instalasi Rawat jalan berjalan sukses dan banyak memberikan manfaat bagi para peserta. Hendra, salah seorang peserta yang merupakan utusan dari RSUP Kota Dumai menyebutkan, kegiatan Workshop memberikan banyak pengetahuan bagi para peserta. Tidak hanya itu, materi yang diberikan para narasumber dapat diimplementasikan di lingkungan tempat kerja.c“Acaranya bagus, materinya bagu dan sangat bermanfaat, menambah pengetahuan bagi kami yang berasal dari berbagai daerah ini, kami mengenal materi-materi penting yang dapat diterapkan untuk perubahan di lingkungan RS kami nantinya,” ujarnya.

     Sementara itu, dr. Eifel Faheri, SpPD-KHOM, Kasubag Diklit RSUP Dr. M. Djamil Padang dalam kesempatannya menutup kegiatan worshop tersebut menyebutkan, pihaknya siap bekersama dengan RS lainnya untuk menggelar pelatihan tentang menajemen data dan kegiatan lainnya.“Pemateri yang kita hadirkan merupakan surveyor langsung, tentunya di samping penyampaian materi tentunya pengalaman menjadi surveyor dapat dibagikan kepada para peserta,” tuturnya.

      Dokter spesialis penyakit dalam itu berharap kegiatan tersebut merupakan langkah awal untuk pelatihan-pelatiah selanjutnya. “Kita (RSUP-red) siap bekerjasama dengan RS lainnya, mengingat akreditasi merupakan suatu kewajiban, begitu juga jika ingin dilaksanakan pelatihan tersendiri. RSUP siap membantu karena kami punya tim tersebut, semoga bermanfaat dan memberikan banyak pengalaman bagi para peserta,” pungkasnya. Sebagaimana diterangkan sebelumnya, Sebanyak 200 peserta ikut serta dalam kegiatan Workshop Manajemen Data bagi Tenaga Penanggungjawab dan Pengumpul Data Mutu “Patient Safety First”.

     Kegiatan tersebut digelar selama dua hari (Senin dan Selasa). Tidak hanya dari kalangan internal, kegiatan workshop juga diikuti oleh sejumlah utusan rumah sakit yang ada di Sumatera seperti utusan RSUD Dumai, RSIA Siti Hawa, RSUD Lubuk Sikaping, RSI Ibnu Sina Payakumbuh, RSUD Padang Pariaman, RSU Citra BMC Padang, RSU Aisyiyah Padang, RSI Ibnu Sina Pekanbaru, RSUD Kota Padang Panjang, RSUD Muaro bungo Jambi dan RSI Ibnu Sina Simpang Empat.

     Tujuan digelarnya kegiatan workshop manajemen data adalah memberikan pembekalan pengetahuan tentang peningkatan mutu pelayanan dan keselamatan pasien khususnya tentang manajemen data kepada seluruh petugas kesehatan.Sejumlah materi yang akan disampaikan dalam kegiatan itu seperti Overview PMKP, pelayanan Prioritas RS dan Indikator Prioritas, Indikator mutu unit, Profil Indikator, Penghitungan populasi dan sampel, Menyusun form pengumpulan data . Selanjutnya, Input data dengan IT dan SISMADAK, Validasi Data , Analisa Data, Analisis masalah dengan Fish bone, Prioritas masalah dengan menggunakan pareto dan Peningkatan mutu dengan PDSA. (Humas/Vz)

Admin
Admin
EDITOR

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked with *


0 Komentar

?>