728 x 90

Pelatihan Preseptorship bagi Tenaga Kesehatan Pendidik Klinik

Pelatihan Preseptorship bagi Tenaga Kesehatan Pendidik Klinik
Pelatihan Preseptorship bagi Tenaga Kesehatan Pendidik Klinik

      Humas, RSMDJ ---- Sebagai rumah sakit pendidikan, RSUP Dr. M. Djamil terus berupaya meningkatkan kapasitas dan kemampuan perawatnya, sehingga mampu menjadi tenaga kesehatan yang profesional dan mampu menjadi pendidik klinis. Salah satu upaya yang dilakukan untuk peningkatan kualitas tersebut adalah melalui pelatihan Preseptorship. Pelatihan itu diikuti oleh 110 perawat klinik dan 16 tenaga kesehatan lainnya, yang diselenggarakan Bidang Keperawatan di Aula lantai IV Gedung Administrasi dan Rawat jalan RSUP Dr. M. Djamil Padang, Rabu (26/2) hingga Sabtu (29/2).

     Sebagaimana diketahui, bimbingan bagi perawat adalah bentuk tindakan edukatif yang dilaksanakan pembimbing keperawatan untuk memberikan pengetahuan nyata secara optimal dan membantu peserta didik agar mencapai kompetensi yang diharapkan. Dalam mencapai hal tersebut, tenaga kesehatan dibekali dengan kompetensi yang mumpuni serta dilengkapi kemampuan kependidikan dan menjadi mentor bagi para mahasiswa keperawatan yang melaksanakan praktek di RSUP Dr.M.Djamil Padang.

     Preceptorship adalah suatu metode pengajaran dan pembelajaran mahasiswa dengan menggunakan perawat sebagai model perannya. Dalam pelatihan preceptorship, materi disampaikan secara perseorangan dan individual antara perawat yang berpengalaman (preceptor) dengan perawat baru (preceptee) yang didesain untuk membantu perawat baru untuk menyesuaikan diri dengan baik dan menjalankan tugas yang baru sebagai seorang perawat. “Tujuan dari acara ini adalah meningkatkan kualitas dan kompetensi baik knowledge, skill dan attitude para tenaga kesehatan sehingga nantinya dapat membimbing mahasiswa saat praktek di rumah sakit,” terang salah seorang fasilitator kegiatan Ns. Mira Susanti M.Kep. Lebih lanjut dikatakan, pelatihan dilakukan dengan metode pembelajaran preceptorship dan mentorship, praktik simulasi tentang preceptorship dan asssestment klinik dan bertindak sebagai narasumber M. Afandi Ners,Kep MAM. “Tentunya kita berharap, semoga para tenaga medis dapat menjalankan perannya sebagai perawat dan juga sebagai preceptor di rumah sakit kita ini, melahirkan generasi yang profesional untuk memberikan pelayanan terbaik, menjadi membimbing tenaga didik dan menjadi perawat yang kompeten dibidangnya,” harap Mira. (Humas/Vz)

Admin
Admin
EDITOR

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked with *


0 Komentar

?>