728 x 90

KULIAH TAMU “CURRENT CONCEPT OF TRANSCHATETER OF ATRIAL SEPTAL DEFECT FOR ADULT OLEH DR. RADITYO

KULIAH TAMU “CURRENT CONCEPT OF TRANSCHATETER OF ATRIAL SEPTAL DEFECT FOR ADULT  OLEH DR. RADITYO
KULIAH TAMU “CURRENT CONCEPT OF TRANSCHATETER OF ATRIAL SEPTAL DEFECT FOR ADULT OLEH DR. RADITYO

      Padang, Rs. Djamil – “RSUP Dr. M. Djamil merupakan rumah sakit tipe A yang mana pelayanan kesehatan jantung merupakan salah satu unggulan di rumah sakit ini,” ungkap Direktur Umum, SDM, dan Pendidikan,  Dr. drg. Viviyanti Azwar, Mars, saat Kuliah Tamu Current Concept of Transchateter of Atrial Septal Defect for Adult oleh dr. Radityo Prakoso SpJP (K) dari Rs. Harapan Kita, di Auditorium rumah sakit, Kamis (18/01).Kuliah tamuini digelar untuk berbagi ilmu kepada para dokter spesialis jantung dan residen jantung bahwa terdapat teknik baru dalam tindakan ASD Secundum. “Ini merupakan teknik baru, walaupun sudah tidak terlalu baru. Kita bebas dari tindakan operasi, khusus untuk ASD Secundum. Akan tetapi,dalam kasus VSD dan PDA juga sudah dipasang,” kata dr. Radityo Prakoso, SpJP (K), yang bertindak sebagai pembicara dalam kuliah tamu tersebut.

    Teknik baru dalam tindakan ASD Secundum tersebut disebut dengan Transchateter. Transchateter adalah penanganan jantung tanpa operasi karena dipasang dari pembuluh darah venadi paha.Angka keberhasilan dari teknik ini cukup baik dan menimbulkan komplikasi yang ringan. Sementara, salah seorang DPJP Jantung M. Djamil, dr. M. Fadil, SpJP juga mengatakan bahwa teknik ini nyaman untuk pasien dan pendek masa perawatannya, sehingga teknik ini sering dipilih dalam kasus ASD Secundum.

    Pelaksanaan kuliah tamu tersebut juga diiringi dengan penerapan teknik ini secara langsung kepada pasien M. Djamil kasus ASD Secundum. Dokter Penanggung Jawab Pasien dan dr. Radityo yang langsung menangani pasien. Untuk masalah kualifikasi, RSUP Dr. M. Djamil telah layak untuk menerapkan teknik-teknik baru dalam menangani pasien jantung. Hanya saja, dalam hal teknik, kebanyakan dokter masih minim pengalaman, sehingga kegiatan seperti ini perlu dilakukan untuk saling berbagi ilmu dengan pakar. Selain itu, Direktur1 USP berharap, kegiatan seperti ini harus terus digelar demi peningkatan kemampuan dokter-dokter, khususnya DPJP, di RSUP Dr. M. Djamil. (Humas)

Admin
Admin
EDITOR

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked with *


0 Komentar

?>