728 x 90

Intervensi Jantung Struktural Non Bedah Pada Pasien Mitral Stenosis

Intervensi Jantung Struktural Non Bedah Pada Pasien Mitral Stenosis
Intervensi Jantung Struktural Non Bedah Pada Pasien Mitral Stenosis

             Untuk kedua kalinya RSUP dr. M. Djamil Padang akan menggelar Ballon Mitral Valvuloplasty (BMV) yang akan dilaksanakan pada Senin, 07 Agustus 2017. BMV merupakan suatu tindakan minimal invasif untuk memperlebar penyempitan katup mitral menggunakan balon. Katup Mitral merupakan katup yang menghubungkan bilik kiri dengan serambi kiri pada jantung. Sehingga darah akan berjalan satu arah dari bilik kiri ke serambi kiri kemudian ke seluruh tubuh. Penyempitan dari katup mitral akan menyebabkan darah terkumpul di bilik kiri pada waktu yang lama sehingga menyebabkan pembesaran bilik kiri. Kasus seperti ini masih tergolong masalah besar di negara berkembang seperti Indonesia. Penyebab tertinggi dari penyempitan katup mitral adalah demam rematik, meski insiden dan tingkat keparahan mitral stenosis sudah jauh menurun di negara-negara maju.

             Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan tindakan cepat kepada pasien penyempitan katup mitral secara cepat. Pasalnya jumlah pasien di Sumatera Barat dengan kasus penyempitan katup mitral semakin meningkat, namum penanganan penyakit hanya dilakukan di rumah sakit rujukan nasional di Jakarta, sehingga banyak pasien dengan daftar tunggu. Olehnya RSUP dr. M. Djamil Padang menyelenggarakan kegiatan ini sekaligus mengadakan kuliah pakar dan proctorship BMV intervensi penyakit jantung struktural non bedah pada pasien penyempitan katup mitral. Kegiatan ini melibatkan dokter spesialis jantung yakni dr. Muhammad Syukri, SpJP(K), dr. Masrul Syafri, SpPD,SpJP(K), dr. Muhammad Fadil, SpJP(K), dr. Mefri Yanni, SpJP dan dokter Anastesi dr. Yose Wizano Sp.An dengan mengundang Dr. dr. Doni Firman, SpJP(K) dari Pusat Jantung Nasional Harapan Kita.

             Tindakan BMV pertama kali telah sukses digelar di RSUP dr. M. Djamil Padang pada November 2016, dan selanjutnya direncanakan dilakukan rutin sebagai upaya memberikan pelayanan cepat dan tepat pada pasien penyempitan katup mitral.

Admin
Admin
EDITOR

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked with *


0 Komentar

?>