728 x 90

EDUKASI MENGENAI PUASA PADA IBU HAMIL

EDUKASI MENGENAI PUASA PADA IBU HAMIL
EDUKASI MENGENAI PUASA PADA IBU HAMIL

            Padang, Rs.Djamil – “Berpuasa ketika hamil memang tidak dianjurkan, tetapi juga tidak dilarang. Asalkan, tidak ada gangguan seperti mual dan lainnya. Kemudian, disarankan ketika hamil muda, usia 1-5 bulan masa kehamilan,” ungkap Dr. dr. Joserizal Serudji, SpOG-K., Spesialis Kebidanan RSUP Dr. M. Djamil Padang, saat memberikan edukasi kepada pasien, di Poli Kebidanan (04/05). Menjalani puasa tentu menjadi kewajiban bagi semua umat islam. Tidak menutup kemungkinan jika seorang ibu hamil ingin jalani puasa juga sebagai bentuk ibadah. Saat berpuasa, seseorang harus menahan lapar dan haus setidaknya 12 jam dalam sehari. Yang harus diperhatikan para ibu hamil yang sedang menjalankan ibadah puasa tentunya adalah kesehatan janin. Spesialis kandungan tersebut mengatakan bahwa ibu hamil memang boleh berpuasa, tetapi dengan syarat dia mampu dan tidak membahayakan diri sendiri serta janin. Tentu saja, perlu perhatian ekstra bagi mereka yang menjalankannya.

         Di saat hamil, yang paling diperhatikan oleh si ibu hamil adalah kebutuhan gizi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Selain itu, terdapat petunjuk praktis, yakni banyak minum, hindari makan dan minum yang manis dan pedas, banyak sayur dan buah, istirahat yang cukup, tidak boleh stres, hindari makan dan minum dingin, makan dengan porsi yang lebih besar dan sering, ngemil saat malam, dilarang minum coffee, tidak boleh beraktivitas berat, serta perhatikan gejala yang muncul.Menurut dokter Jose, banyak yang beranggapan bahwa berpuasa ketika hamil adalah ketika usia kehamilan “tua”. Menurutnya, anggapan tersebut tidak tepat. “Semakin tua usia kehamilan, semakin banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil tersebut,” jelasnya. Dengan demikian, berpuasa untuk ibu hamil dianjurkan ketika usia kehamilan 1 sampai dengan 5 bulan.

Kemudian, pada saat kegiatan tersebut, dr. Jose juga menghimbau kepada pasien, khususnya ibu hamil, untuk rajin berolahraga dan menjaga asupan makan yang masuk ke dalam tubuh ibu hamil. (Humas)

Admin
Admin
EDITOR

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked with *


0 Komentar

?>